“Kecamatan Sekarbela dengan terobosan KIS (Kartu Izin Sementara) untuk penduduk non permanen”

Gebrakan dan terobosan dalam menertibkan warga pemondok/kos yang berdomisili di wilayah Kecamatan Sekarbela mulai digerakkan oleh Camat Sekarbela Cahya Samudra, S.STP., MH beserta jajarannya dan melibatkan Dinas Dukcapil Kota Mataram dengan melaunching kartu identitas sementara (KIS) di Kelurahan Kekalik Jaya sebagai percontohan bagi 5 Kelurahan yang ada di wilayah administratif Kecamatan Sekarbela.
Tepat pada selasa 5 november 2018 dilaksanakan penyerahan secara simbolis KIS atau kartu identitas sementara bagi warga pemondok/kos yang berdomisili di kelurahan kekalik jaya sekaligus sosialisasi Kamtibmas bersama Polsek Ampenan, Koramil Ampenan, Satgas Penertiban Pondokan/Kos Kecamatan Sekarbela, Pemerintah Kelurahan Kekalik Jaya dan Linmas.
Camat Sekarbela Cahya Samudra, S.STP., MH dalam sambutannya mengatakan bahwa penertiban administrasi dengan memberikan kartu identitas sementara bagi warga non permanen sangat penting untuk mewujudkan kondisi yang aman, nyaman dan sesuai Permendagri nomor 16 tahun 2016 tentang kependudukan yang harus dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab serta menjadi tugas pemerintah bersama stakeholder lainnya.
Sementara itu kapolsek ampenan dan danramil ampenan sangat mengapresiasi terobosan camat sekarbela dalam pembuatan kis bagi warga pemondok/kos yang ditujukan untuk bersama-sama menjaga kamtibmas serta administrasi kependudukan yang tepat.
Dalam kesempatan itu juga, lurah kekalik jaya H. Fathurrahman, SH menambahkan bahwa dalam waktu dekat akan dilaksanakan sosialisasi awiq-awiq gubug atau aturan yang telah disepakati oleh para tokoh baik tokoh agama, masyarakat, pemuda serta budayawan kelurahan kekalik jaya sebagai pondasi utama untuk menjaga nilai-nilai kearifan lokal dan menegakkan hukum agama, hukum negara dan sosial juga paling prioritas yaitu terwujudnya kamtibmas yang mantap. (Hadi/KIM Kec. Sekarbela)